Menu Click to open Menus
Home » Artikel » Pengetahuan Lain » Redupnya Dunia Blogging Indonesia

Redupnya Dunia Blogging Indonesia

(110 Views) August 12, 2017 1:44 pm | Published by | 3 Comments

Redupnya dunia blogging Indonesia sebenarya telah disinyalir sejak akhir tahun lalu oleh salah seorang blogger nasional , Enda Nasution. Dia mengatakan bahwa blog sudah kalah dengan media sosial. Memang tepat sekali !

Dan blog yang dimaksud tentu saja adalah blog-blog personal, bukan blog-blog portal yang dikelola korporasi.

Jutaan user baru mengakses internet untuk medsos, bukan untuk blog ! Jadi, memang sangat wajar kalau blog semakin redup, baik dari sisi pengunjung, maupun dari sisi peluang monetisasinya.

Sisi pengunjung

Seperti saya bilang di atas, pengguna internet di Indonesia sekarang ini sebagain besar mengakses internet menggunakan smart phone. Dan yang diakses adalah media sosial atau tempat belanja. Buka blog ? No ! Paling beberapa doang.

Tidak bisa disalahkan. Kebanyakan mereka tahu smartphone hanya untuk akses medsos & online shopping. Apa itu Blog ? Mereka gak ngerti !

Kalaupun buka paling blog-blog gossip yang manfaatnya entah untuk apa.

Pengunjung blog yang masuk sebagian besar (saya yakin tidak akan kurang dari 90%) adalah mereka yang juga adalah blogger. Dengan tujuan utama bukan untuk baca blog, melainkan untuk nitip link, bikin perbandingan, atau bahkan copas tulisan.

Dengan kondisi seperti itu, siapa lagi yang diharapkan menjadi pengunjung blog kita ? ujung-ujungnya ya muter jadinya, saling mengunjungi satu sama lain antar teman blogger. Trafik gak naik-naik !

Bahkan bisa jadi malah turun. Karena sebagian blogger-blogger yang ada jadi pada males ngelanjutin bloggingnya. Gugur karena blognya sepi pengunjung.

Sisi monetisasi

Kalau blog sepi pengunjung, ya mau monetisasi pakai cara apa ? Adsense ? Lupakan ! jangankan saat sepi pengunjung, ramai pengunjungpun Adsense gak bisa diandalkan.

Jika anda pernah menyimak kisah sukses para blogger dunia, semisal Pat Flynn, Timothy Syikes, Gina Trapani, Jake Dobkin, dll, Anda pasti tahu, bahwa sumber pendapatan mereka bukanlah dari pasang iklan Adsense, karena memang tidak prospektif!

Bisa dimengeti memang. Bayangin saja, kalau blog Anda dikunjungi 1 juta pengunjung sebulan, tapi yang klik Adsense cuma 1000 orang. Kali 2000 rupiah, dapet berapa ? Cuman 2 juta !

Apa sebanding dengan waktu yang dicurahkan buat mikir, nulis, ngedit tulisan, blog walking, promo di medsos, dll ? TIDAK lah ya !

Ya apalagi kalau blognya cuman dikunjungi ratusan orang sehari….

Lha, masa sih dari 1 juta pengunjung yang klik cuman 1000 ? Coba deh tanya maxmanroe !

Kalau gitu, gimana dong cara monetisasi blog ? Afiliasi ? Jual produk digital ? Review ? Sewain space iklan ? Tetap sulit. Karena pengunjung blognya sangat minim & masih akan itu-itu juga !

Jadi jelas, dari sisi monetisasipun blog di Indonesia benar-benar dalam situasi makin suram karena besarnya peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia adalah hanya pada akses media sosial atau online shopping, bukan membuka blog.

Semoga bisa jadi bahan pertimbangan !

Save

Save

This post was written by Milagros
About

Blogger, konsumen & member bisnis air kesehatan Milagros.

3 Comments for Redupnya Dunia Blogging Indonesia

  • Amri Evianti says:

    hehehehe redup, seredup redupnya. mungkinkah blogger akan terlupakan seperti friendster hehe

  • kandra says:

    Kang jadwal membaca postingan agan saya jadi merasa minder.
    Yang akang bilang bener juga, komentar di blog kebanyakan nyepam tidak bikin inspirasi buat tulisan baru. Cuma thanks gan, titip link ya padahal blog adalah medsos pertama.
    Tapi balik lagi ke pengunjung yang ditarget menurut saya. Kalau pengunjungnya ditarget buat informasi yang emang dibutuhkan komen bakal aktif.
    Komen aktif tentu perkuat SEO artikel atau blog.
    Soal monetisasi saya setuju. Lebih baik jual produk daripada bergantung pada adsense. Saya sendiri sambil jualan buku. Sayang cuma bisa dropship, tergantung pada stok yg bener-bener pegang itu buku.
    Jadi curhat deh saya.
    Sukses sama produknya gan, tengkiu pencerahannya

    • Admin says:

      Tengkyu atas komennya bro kandra. Ada satu hal menarik tentang pengunjung yang ditarget. Menurut saya sekarang ini itu sudah tidak berlaku lagi karena sebagian besarnya tetap akan para blogger juga. Yang lain, mainannya udah di medsos, cari apapun mereka lakukan di medsos ! Blog ? Mereka bahkan tidak tahu apa itu blog ! Ya kecuali itu tadi, kita julan produk yang sekiranya diperlukan oleh para blogger dan tidak banyak orang menawarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *