Menu Click to open Menus
Home » Artikel » Tentang Milagros » Bisnis » 5 Fungsi Penting Promosi Sehingga Menjadi Hal yang Wajib Dilakukan Dalam Menjalankan Bisnis

5 Fungsi Penting Promosi Sehingga Menjadi Hal yang Wajib Dilakukan Dalam Menjalankan Bisnis

(52 Views) October 4, 2018 8:09 pm | Published by | No comment

Artikel tentang 5 fungsi penting dari kegiatan promosi sehingga menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan dalam menjalankan sebuah bisnis ini saya sampaikan sekedar sharing opini bagi teman-teman pebisnis Milagros, khususnya bagi yang masih enggan atau mulai malas melakukan promosi.

Promosi merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam bisnis penjualan produk, baik barang ataupun jasa, termasuk Milagros tentunya. Bahkan promosi ini bisa menjadi salah satu penentu hidup matinya sebuah kegiatan usaha.

Hal ini mengingat promosi memiliki 5 fungsi penting dalam sebuah aktifitas bisnis. Kelima fungsi penting promosi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sebagai pemberi informasi (Informing)

Melalui promosi konsumen akan menjadi tahu keberadaan suatu produk serta manfaat yang akan diperolehnya.
Itu artinya, ketika melakukan promosi, maka pastikan fungsi ini bekerja. Artinya promosi yang dibuat harus menjadikan konsumen tahu keberadaan produk, berikut manfaat apa yang akan mereka dapatkan dari produk tersebut secara personal.

Sebagus atau sehebat apapun punya produk, jika tidak dipromosikan tentu tidak akan ada yang tahu keberadaannya, apalagi manfaatnya. .

2. Sebagai pembujuk (Persuading)

Fungsi promosi kedua adalah sebagai cara membujuk atau mempersuasi pelanggan sehingga mau mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.

Fungsi ini harus ada saat melakukan promosi. Sehingga penting untuk menyusun kalimat atau media promosi yang memiliki fungsi ini.

3. Untuk mengingatkan (Remining)

Promosi juga berfungsi sebagai cara untuk mengingatkan calon konsumen agar produk yang ditawarkan tetap ada dalam ingatan mereka.

Sehingga ketika suatu saat konsumen membutuhkannya dampak promosi yang dilakukan bisa hadir dalam ingatan konsumen.

Oleh karenanya tidak masalah dengan penolakan atau ketidakpedulian konsumen saat berpromosi, karena boleh jadi mereka belum memerlukannya.

Namun suatu saat mereka membutuhkan, jika mereka mengingatnya maka promosi kita bisa menjadi bahan pertimbangan.

4. Pemberi nilai tambah (Adding Value)

Fungsi promosi lainnya adalah untuk memberi nilai tambah berupa mengangkat citra produk yang ditawarkan di hadapan para konsumen.

Melalui promosi seharusnya calon konsumen memandang produk menjadi lebih elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi, dan bisa lebih unggul dari tawaran produk pesaing.

5. Upaya pendamping (Assisting)

Promosi juga berfungsi sebagai upaya untuk memberikan prolog yang bernilai sebelum melakukan kontak langsung dengan personal atau calon pelanggan yang prospektif.

Melalui promosi inilah semestinya upaya, waktu, maupun biaya bisa dihemat karena lebih sedikit waktu yang diperlukan untuk memberi informasi kepada prospek tentang keistimewaan dan keunggulan produk.

Jika kelima fungsi di atas ditujukan lebih kepada konsumen, maka sebenarnya fungsi promosi juga memiliki tujuan untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Dalam skala korporasi, strategi memenangkan persaingan dalam dunia pemasaran atau promosi adalah dengan menggunakan Public Relations dengan baik.

Oleh karena itu, promosikanlah bisnis Milagros Anda ataupun bisnis lainnya yang Anda miliki, dan pastikan kelima fungsi di atas terpenuhi dalam kegiatan promosi yang Anda lakukan.

Promosi merupakan kunci & ujung tombak dalam suatu kegiatan bisnis,terlebih pada bisnis personal seperti bisnis Milagros. Oleh karena itu promosi harus lebih diprioritaskan daripada hal lainnya.

Fokuskan sumberdaya & sumber dana yang dimiliki untuk memaksimalkan kegiatan promosi dengan berbagai cara maupun media, termasuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang promosi agar aktifitas promosi berjalan efektif dan sesuai dengan fungsinya.

Anda belum tahu bisnis Milagros ? Silahkan simak artikel terdahulu yang berjudul : “7 Alasan Mengapa Begitu Banyak Kalangan, Termasuk Para Dokter dan Selebritis, Tertarik Menjalankan Bisnis Milagros“.

Dan bagi Anda yang sudah menjadi member Milagros dan ingin memaksimalkan jangkauan promosi Anda, silahkan lakukan promosi di berbagai media serta berbagai cara yang dapat Anda lakukan, termasuk memanfaatkan webpage presentasi Milagros bagi yang telah memilikinya yang sangat cocok digunakan sebagai alat promosi lengkap di berbagai media.

Jangan abaikan pula keberadaan mesin pencari Google yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu media promosi pasif namun efektif. Terkait hal ini, pembahasannya bisa disimak pada artikel lain yang berjdul :  “Cara Menjaring Calon Konsumen Milagros di Daerah Sendiri Melalui Pemanfaatan Mesin Pencari Google.” Tinggal KLIK untuk membacanya

Demikian sedikit ulasan mengenai  5 fungsi penting dari kegiatan promosi sehingga menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan dalam menjalankan sebuah bisnis, terlebih dalam menjalankan bisnis Milagros yang dilakukan oleh para membernya. Semoga berguna.

Bagikan kepada teman-teman
This post was written by Admin
About

Blogger, konsumen & member bisnis air kesehatan Milagros.

No comment for 5 Fungsi Penting Promosi Sehingga Menjadi Hal yang Wajib Dilakukan Dalam Menjalankan Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.