Menu Click to open Menus
Home » Artikel » Tentang Milagros » Bisnis » Sebelum Buang-buang Waktu, Biaya, dan Tenaga, Simak Dulu 5 Kriteria Dalam Memilih Peluang Usaha yang Tepat Ini

Sebelum Buang-buang Waktu, Biaya, dan Tenaga, Simak Dulu 5 Kriteria Dalam Memilih Peluang Usaha yang Tepat Ini

(490 Views) March 8, 2018 3:46 pm | Published by | No comment

Ya, sebelum buang-buang waktu, tenaga, apalagi biaya, sebaiknya coba simak dulu 5 kriteria dalam memilih peluang usaha yang tepat ini supaya usaha yang dipilih nanti tidak salah dan sia-sia.

Dengan melihat kelima kriteria ini paling tidak kita bisa mendapat gambaran dan tidak menjadi bingung dalam memilih salah satu dari peluang-peluang usaha yang ada tersebut.

Dan peluang usaha yang dimaksud disini tentu saja adalah peluang usaha untuk skala pribadi, bukan untuk skala korporasi.

Adapun kelima kriteria dalam memilih sebuah peluang usaha tersebut adalah :
1) Bisa memberikan penghasilan yang cukup;
2) Mampu untuk dijalankan sendiri;
3) Bisa dibiayai dengan jumlah dana yang sanggup disediakan sendiri;
4) Bisa dijalankan dengan waktu yang dimiliki; dan
5) Bisa terus berkembang.

Kita coba bahas secara ringkas satu per satu.

1) Bisa memberikan penghasilan yang cukup;

Ini sudah hal yang wajib sifatnya, untuk apa repot-repot menjalankan usaha apabila hasilnya hanya cukup untuk membeli beberapa bungkus mie instan ? Atau uangnya hanya muncul di layar monitor dan tidak pernah sampai ke tangan karena tidak memenuhi syarat kirim ?

Artinya, tentukanlah sejak awal, usaha apakah yang bisa memberikan penghasilan yang sesuai dengan apa yang ditargetkan.

Ini harus ditentukan dengan pasti sesuai kebutuhan Anda tetapi harus masuk akal. Berapa besar penghasilan yang ditargetkan sehingga bisa mencukupi kebutuhan Anda tersebut.
Ini tentu bisa berbeda bagi setiap orang.

Kebutuhan Anda yang belum menikah, tentu akan berbeda dengan yang sudah berkeluarga dengan anak satu, dan akan berbeda pula dengan yang memiliki anak 3.

Kebutuhan Anda yang masih tinggal di rumah kontrakan pasti akan berbeda dengan yang tinggal di rumah kreditan ataupun yang sudah memiliki rumah sendiri.

Kebutuhan Anda yang punya kewajiban mencicil utang ke bank atau leasing akan berbeda dengan yang tidak punya kewajiban itu.

Jadi, tentukanlah sebuah angka pasti yang harus didapatkan dari usaha tersebut dan bisa mencukupi kebutuhan Anda itu.

Misalnya, Anda harus menghasilkan 5 juta per bulan, atau 200 juta dalam setahun, atau 500 juta dalam 3 tahun.

Namun pastikan jangan menargetkan angka yang tidak jelas ataupun tidak masuk akal.

2) Mampu untuk dijalankan sendiri;

Ada peluang-peluang usaha yang memang membutuhkan skill tertentu. Jika tidak memiliki skill yang diperlukan, maka sebaiknya jangan pilih usaha tersebut karena Anda tidak akan bisa menjalankannya sendiri.

Carilah sebuah peluang usaha lain yang sekiranya Anda merasa mampu untuk menjalankannya. Atau paling tidak bisa dipelajari dengan mudah dan cepat sehingga bisa langsung dijalankan.

Ada banyak peluang usaha yang tidak memerlukan skill khusus yang bisa dilakukan oleh semua orang.

3) Bisa dibiayai dengan jumlah dana yang mampu disediakan;

Ini juga sesuatu hal yang sudah jelas. Kalau hanya mampu sediakan uang 5 juta untuk usaha tersebut, ya carilah peluang usaha yang memerlukan modal tidak lebih dari jumlah itu.

Jika memilih usaha yang membutuhkan modal lebih dari itu, Anda malah akan repot sendiri mencari sisa dana yang diperlukannya. Mending kalau dapat, kalau tidak maka rencana usaha Anda tidak akan pernah bisa jalan.

Tidak usah kuatir, ada banyak peluang usaha dengan modal sangat minim tetapi memiliki prospek yang baik dan bisa memberikan penghasilan yang cukup.

4) Bisa dijalankan dengan waktu yang dimiliki;

Bagi seorang pekerja yang harus terkurung di tempat kerja tidak kurang dari 8 jam sehari, maka jangan memilih peluang usaha yang akan menyita sisa waktu Anda.

Bagaimanapun hidup ini bukan hanya untuk uang, banyak hal lain yang lebih penting dari itu.

Artinya, pilihlah jenis usaha yang mungkin bisa dilakukan dalam 1 atau 2 jam sisa waktu Anda setiap hari. Tidak masalah, yang penting konsisten melakukannya.

Atau cari alternatif usaha yang memungkinkan orang lain bisa menggantikan waktu Anda untuk menjalankan usaha tersebut.

5) Bisa terus berkembang

Pilihlah sebuah peluang usaha yang memiliki peluang terus berkembang. Dari mana tahu itu akan terus berkembang ?

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikanya, diantaranya :

Keunggulan produk.

Bisnis produk yang memiliki banyak keunggulan dari produk sejenis lainnya kemungkinan besar akan terus berkembang selama keunggulan-keunggulan tersebut dapat dipertahankan.

Jangan pilih bisnis produk yang tidak memiliki keunggulan apapun.

Persaingan.

Lihat seperti apa tingkat persaingan pada produk sejenis, siapa pesaingnya, sanggupkah kita bersaing dengan mereka ?

Maaf, jangan tersinggung. Tapi ini kenyataan. Anda yang ikut bisnis produk reseller/dropshipper fashion maka akan bersaing dengan pemain besar seperti bukalapak, tokopedia, sophie, lazada, zalora, mataharimall, dll.

Anda yang jualan pulsa pada akhirnya akan berhadapan dengan layanan alfa, indomaret, m-banking, dll.

Jadi dua diantara peluang bisnis tadi akan sangat sulit untuk berkembang bagi bisnis skala personal karena berhadapan dengan pesaing-pesaing besar.

Kebutuhan akan produk.

Carilah bisnis dimana produknya akan terus dibutuhkan sampai kapanpun. Produk-produk yang berkaitan dengan kesehatan, pendidikan, cara menghasilkan uang, merupakan produk-produk yang akan terus dibutuhkan sehingga akan terus berkembang.

Orang tidak akan bisa minta sehat, minta pendidikan, minta hasilkan uang pada orang lain. Itulah mengapa bisnis produk terkait hal tersebut akan terus berkembang.

Target pasar.

Usahakan lakukan bisnis yang memiliki target pasar yang besar dan luas, bahkan tidak terbatas.

Dengan target pasar seperti itu berarti produk akan lebih banyak memiliki calon konsumen karena permintaan tetap akan lebih tinggi dari penawaran.

Itulah 5 kriteria yang perlu dilihat dalam memilih sebuah peluang usaha yang tepat, sebelum terlanjur buang-buang waktu, tenaga, apalagi biaya.

Dan jika Anda tanya saya tentang contoh peluang usaha yang memenuhi kelima kriteria di atas, maka saya rekomendasikan Anda untuk mempertimbangkan bisnis Milagros.

Mengapa saya merekomendasikan bisnis Milagros ?

Biar tidak kepanjangan, pembahasan lengkapnya bisa disimak pada artikel lain yang berjudul : “7 Alasan Mengapa Begitu Banyak Kalangan, Termasuk Para Dokter dan Selebritis, Tertarik Menjalankan Bisnis Milagros“. Silahkan tinggal KLIK saja.

Untuk gabung bisnis Milagros bisa langsung menghubungi agen Milagros terdekat yang ada dalam daftar berikut :

Namun demikian, terlepas dari apapun peluang usaha yang akhirnya Anda pilih, semoga Anda fokus pada pilihan itu, konsisten menjalanknnya, dan segera meraih sukses !

Khusus bagi member Milagros, jangan lewatkan untuk menyimak artikel ini, tinggal klik : “Cara Menjaring Calon Konsumen Milagros di Daerah Sendiri Melalui Pemanfaatan Mesin Pencari Google.

Demikian artikel tentangĀ  5 kriteria dalam memilih peluang usaha yang tepat ini, yang mudah-mudahan bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum buang-buang waktu, tenaga, apalagi biaya karena terlanjur melakukannya. Terima kasih telah menyimaknya dan semoga bermanfaat.

Bagikan kepada teman-teman
This post was written by Admin
About

Blogger, konsumen & member bisnis air kesehatan Milagros.

No comment for Sebelum Buang-buang Waktu, Biaya, dan Tenaga, Simak Dulu 5 Kriteria Dalam Memilih Peluang Usaha yang Tepat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.