Menu Click to open Menus
Home » Artikel » Untuk Member » Kendala Utama Menjalankan Bisnis Milagros Secara Online & Usulan Solusinya

Kendala Utama Menjalankan Bisnis Milagros Secara Online & Usulan Solusinya

(192 Views) Juni 20, 2019 10:44 am | Published by | No comment

Saya tidak tahu, apakah kendala ini hanya saya saja yang meraskan ataukah dirasakan pula oleh para member Milagros lain yang menjalankan bisnis Milgros secara online. Silahkan tulis komentar teman-teman pada kolom yng disediakan di bawah ya…

***

KONDISI SAAT INI

Kondisi yang sering maupun kadang terjadi saat ini :

  1. Ketika ada calon mitra/konsumen ingin jadi member atau beli produk secara online, kita harus mengalokasikan cukup waktu untuk melayaninya karena harus melakukan beberapa hal, seperti :
    • Harus log in ke member area, mencari daftar stokis. Ketika sedang melakukan pekerjaan lain, ini mau tidak mau harus tertunda, sehingga info kepada calon konsumenpun jadi tertunda juga.
    • Harus mencari lokasi stokis terdekat yang kebanyakan kita tidak tahu persis lokasinya karena tidak hapal wilayahnya, sehingga mau tidak mau harus membuka Google maps.
    • Proses menghubungi stokis juga kadang butuh waktu yg cukup lama, padahal lokasi stokis sebenarnya bisa dengan mudah dijangkau oleh calon konsumen/mitra.
    • Ketika di satu stokis produk kosong, harus cari stokis lainnya sehingga mengulang langkah sebelumnya yang juga makan waktu.
      Proses melakukan pelayanan seperti ini menjadi salah satu alasan pula bagi banyak calon mitra yang berprofesi sebagai pegawai merasa keberatan/kesulitan menjalankan bisnis Milagros karena harus melakukan pelayanan yang dapat mengganggu waktu kerja mereka.
  2. Kebanyakan calon mitra/konsumen yang belum kenal tapi ingin jadi member atau beli produk secara online merasa keberatan untuk transfer dengan berbagai alasan, mereka ingin membeli langsung di tempat. Pada situasi ini meskipun telah melakukan pengarahan pada mereka maupun telah memberitahukan pada stokis, tetap banyak terjadi hal-hal berikut :
    • Calon mitra/konsumen malah melakukan registrasi di stokis.
    • Stokis kurang amanah, malah melakukan registrasi dengan ID mereka.

Kondisi ini menjadikan kegiatan promosi & memberikan informasi online menjadi kurang semangat karena tidak membuahkan hasil sebagaimana mestinya.

SOLUSI DIPERLUKAN

Berdasarkan kedua kondisi di atas, maka solusi yang diperlukan adalah :

  1. Proses pelayanan kepada calon mitra/calon konsumen bisa dilakukan secara praktis, efektif, & efesien tanpa banyak menyita waktu & biaya.
  2. Calon konsumencalon mitra bisa mendapatkan semua data-data stokis terdekat dengan cepat tanpa harus menunggu informasi dari member.
  3. Member yang telah memberikan informasi kepada calon konsumen/calon mitra tidak kehilangan mitra akibat melakukan registrasi dengan ID Sponsor lain.

USULAN

Salah satu langkah yang diusulkan yang menurut pandangan saya dapat menjadi solusi adalah sebagai berikut :

  1. Pihak Perusahaan, melalui website resminya menyediakan tambahan fasilitas berupa ‘Lembar Pesanan’ atau Order Form yang berfungsi sebagai lembar data ‘Calon Member’.
  2. Calon mitra atau calon konsumen yang ingin mendapatkan produk atau menjadi member harus mengisi dulu ‘Lembar Pesanan’ tersebut dengan mengisikan data-data awal yang bisa berupa Nama, No. KTP, No. HP, & Kode Referensi berupa ID sponsor.
  3. Data-data yang dimasukan pada ‘Lembar Pesanan’ tersebut, khususnya ID Sponsor, harus terkunci sehingga ketika yang bersangkutan akan melakukan registrasi sendiri ataupun diregistrasikan siapapun, ID Sponsornya tidak bisa diganti lagi.
  4. Setelah melakukan pengisisan ‘Lembar Pesanan’ tersebut, secara otomatis disajikan halaman yang memuat :
    • Daftar stokis yang ada di wilayahnya sehingga yang bersangkutan dapat memilih stokis terdekat untuk mendapatkan produknya.
    • Petunjuk atau pengarahan untuk mendapatkan produk serta cara melakukan registrasi menjadi member ketika telah mendapat produk & kartu aktivasi. Entah dengan melakukan registrasi sendiri langsung ataupun menghubungi nomor sponsornya.
  5. Mengingat point 4 di atas, maka pada website perusahaan peru disediakan 2 alternatif bagi yang akan melakukan registrasi, yakni halaman registrasi sebagaimana yang sudah ada sekarang ini, serta halaman registrasi bagi yang telah mengisi ‘Lembar Pesanan’.
    • Halaman registrasi yang sudah ada bisa digunakan siapapun untuk melakukan registrasi sebagaimana halnya yang berjalan saat ini.
    • Ketika orang yang telah mengisi ‘Lembar Pesanan’ akan mengisi lembar registrasi tersebut, maka secara otomatis harus dapat mendeteksi data nama, atau no HP, atau no KTP ybs sudah menjadi ‘Calon Member’ sehingga ybs harus mengisi form registrasi yang disediakan khusus bagi ‘Calon Member’.
    • Ketika ybs membuka form registrasi khusus tersebut, secara otomatis data-data yang telah dimasukan sebelumnya muncul dimana ybs tinggal mengisi data-data lain yang diperlukan.
    • Untuk pengisian ID upline, maka disamping atau di bawah kolom pengisian, harus dimunculkan instruksi kepada ybs untuk menanyakan ID Upline tsb ke no HP sponsor. Misal dengan kalimat : “Untuk mengisi ID upline ini, silahkan Anda hubungi no. 0812-3456-7890”
  6. Pada halaman member area website resmi perusahaan, perlu juga ditambahkan halaman lain yang berisi informasi “Calon Member” yang memuat data-data pengisi ‘Lembar Pesanan’ yang menggunakan ID member bersangkutan.
    Dengan cara ini para member Milagros bisa tahu dan melakukan kontak dengan para calon membernya tersebut, termasuk memberikan informasi ID upline ketika calon member melakukan registrasi.
    Termasuk pula mendorong para calon member untuk segera membeli produk & melakukan registrasi bilamana calon member bersangkutan masih belum juga berubah statusnya menjadi member.

Itu hanya sekedar usulan yang terbayang dalam pikiran saya. Penyempurnaan lebih lanjut tentu bisa dilakukan oleh perusahaan dengan sistem yang lebih baik.

HASIL

Hasil yang diharapkan melalui penerapan usulan di atas adalah :

  1. Calon konsumen/calon member bisa mendapatkan informasi stokis & produk dengan lebih cepat dan terdekat.
  2. Para member tidak akan lagi kuatir kehilangan calon mitra sehingga akan lebih bersemangat dalam melakukan promosi online.
  3. Pelayanan yang perlu dilakukan para member kepada calon mitra lebih efektif dan efesein.
  4. Dapat mendorong perkembangan jaringan kemitraan yang didapat secara online oleh setiap member dengan lebih cepat, tanpa ada yang akan merasa dirugikan.
  5. Dapat mendorong semakin banyak member aktif dari kalangan pekerja karena proses pelayanan tidak akan mengganggu waktu kerja mereka. Juga akan lebih menarik minat para pekerja lain yang belum jadi member dan masih memerlukan tambahan penghasilan.

PERBANDINGAN

Langkah-langkah yang harus ditempuh saat ini dalam melayani calon member yang memesan produk secara online

Saat ini :

  1. Mengetahui alamat pasti pemesan.
  2. Login ke member area untuk mencari daftar alamat stokis terdekat.
  3. Jika jumlah stokis banyak, harus masuk Google maps cek satu persatu lokasi terdekat.
  4. Menghubungi stokis minta info ketersediaan produk, biaya ongkos kirim, & norek u trsfr.
  5. Mengkonfirmasikan total biaya & norek ke pemesan.
  6. Mengkonfirmasikan trsfr dr pemesan ke stokis & minta no seri & PIN kartu.
  7. Melakukan registrasi pemesan menjadi member
  8. Mengkonfirmasikan hasil registrasi & memastikan produk sudah diterima.

Sistem baru :

Dengn sistem baru, maka member sama sekali tidak perlu melakukan kedelapan langkah di atas. Karena cara memesan produk & jadi member sudah bisa diinformasikan langsung saat melakukan promosi. Satus-atunya yang perlu dilakukan member adalah fokus melakukan promosi & memberi ID upline saat calon melakukan registrasi.

Ini tentu akan sangat menghemat waktu dan biaya para member yang ingin menjalankan bisnis Milagros dengan serius. Terutama para member Milagros yang harus melakukan aktifitas lain.

Dari sisi pemesan, penerapan sisitem ini juga akan lebih efektif.
Saat ini :

  1. Pemesan menghubungi member untuk order & jadi member.
  2. Pemesan menunggu informasi total biaya yg hrs di bayar.
  3. Pemesan membayar & mengkonfirmasikan pembayaran.
  4. Pemesan menunggu produk & hasil registrasi.

Sistem baru :

  1. Pemesan mengisi form order u mendpt alamat stokis
  2. Pemesan menghubungi stokis minta info ketersediaan produk & biaya kirim. Jika dekat calon bisa langsung datang ke stokis & mendapat produk.
  3. Pemesan melakukan trsfr & mengkonfrmasikannya.
  4. Pemesan menunggu produk & kartu
  5. Pemesan melakukan registrasi lengkap.

Pada sistem baru, ini bisa ada tambahan 1 langkah yg hrs dilakukan Pemesan, tapi bisa juga 1 langkah berkurang jika alamat stokis dekat sehingga Pemesan bisa langsung datang.

Terlepas dari hal tersebut, kecepatan waktu mendapatkan produk akan lebih cepat pada sistem baru karena Pemesan bisa langsung berhubungan dengan stokis tanpa harus melalui member yg menawarkan.

Stokis

Bagi stokis tidak akan ada perbedaan apapun, karena mereka intinya menerima pembayaran dan melakukan pengiriman produk ketika pembayaran telah masuk rekening.

Penerapan sistem seperti ini akan sangat mempermudah para member Milagros dalam memanfaatkan media online secara optimal untuk menjalankan bisnis Milagrosnya sehingga akan lebih banyak lagi para pengguna online yang tertarik memanfatkan pelung bisnis Milagros.

ILUSTRASI
Ilustrasi berikut disampaikan sekedar untuk perbandingan secara realita, antara kondisi saat ini dan kondisi jika usulan di atas bisa dilakukan.

Ilustrasi ini saya ambil berdasar pengalaman sendiri setelah promosi di medsos, pasang iklan di website, atau bikin artikel marketing di blog, ada yang ingin membeli produk atau join member :

Calon : “Pagi, saya mau order/jadi member milagros, gimana ya caranya ?”
Saya : “Pagi Pak/Bu, saya Jawal agen Milagros. Siap kirim Milagros maupun proses jadi member. Untuk jadi member cukup beli min 1 dus Milagros. Boleh tahu dengan Bp/Ibu siapa & di mana ? Biar saya bisa hitung ongkirnya juga sekalian jika ada ? kalau dekat bisa free.”
Calon : “Ini dari Bp…., ini alamat saya……. Berapa harga per dus nya ?”
Saya : “Harga per dus Rp 350.000 Pak, belum ongkir jika ada. Gimana mau lanjut ?”
Calon : “Iya pak, minta infonya.”
Saya : “Baik pak, saya cek ongkirnya dulu, mohon ditunggu. Nanti saya infokan kembali”.

Langsung login ke member area, cari alamat stokis terdekat. Buka Google maps untuk menemukan lokasi terdekat. Proses ini bisa makan waktu lebih dari 15 menit.

Setelah ketemu, langsung masukan no WA stokis, menghubunginya.
Tunggu respon. Jika tidak ada, cari lagi no. stokis lain. Hubungi lagi, jika ada nanya ongkir, juga nanya bisa tidaknya kirim. Jika tidak, cari lagi stokis lain.
1 jam lebih baru dapat info pasti. Langsung WA lagi calon.

Saya : “Ok Pak, untuk 1 dus Milagros Rp 350.000 plus ongkir Rp 20.000, total biayanya jadi Rp 370.000. Gimana mau diantar sekarang ?”
Calon : “Mau saya ambil ke tempat saja ya pak. Kalau Ongkirnya Rp 20.000 kan mungkin dekat, biar sekalian nanya-nanya.”
Saya mikir & bingung. Dikasih tahu gimana, tidak dikasih tahu kasihan. Akhirnya…
Saya : “Ok pak, kl begitu mohon tunggu sebentar, saya infokan nanti alamatnya”

Langsung kontak stokis, mengatakan bahwa akan ada calon mitra saya bernama Bp. X akan datang ke sana beli Milagros 1 dus. Minta tolong bantu agar registrasinya pake ID saya nanti. Deal.

Saya : “Pak, kalau mau datang ini alamatnya….. Silahkan langsung saja datang & katakan bp dapat info dari Pak Jawal.”
Calon : “Ok Pak, terima kasih”.

Tunggu beberapa jam. Coba WA lagi.

Saya : “Gimana Pak, sudah dapat Milagrosnya.”
Calon : ”Oh belum sempat Pak, mungkin baru besok atau lusa”.
Dua hari coba hubungi lagi .
Saya : “Gimana Pak, sudah dapat Milagrosnya.”
Calon tidak menjawab lagi….senyap.
***
Dari ilustrasi di atas dapat tergambar, betapa panjang prosesnya sementara ending-nya kebanyakan mengecewakan seperti itu.
Ini akan beda sekali jika model usulan di atas diterapkan. Proses diatas bisa sangat singkat tapi endingnya lain.

Calon : “Pagi, saya mau order/jadi member milagros, gimana ya caranya ?”
Saya : “Pagi Pak/Bu, mudah saja. Untuk order produk atau jadi member cukup isi Lembar Pesanan di web resmi Milagros ini : https://milagros.co.id/(halaman registrasi), tinggal klik saja.
Isi data-data pribadi yang diminta. Untuk data ID referensi silahkan masukan : GS1234567. Setelah mengisinya, klik tombol “PESAN”. Tunggu sebentar sampai keluar daftar stokis dimana Bp/Ibu bisa beli Milagros. Tinggal ikuti petunjuk yang ada. Itu saja. Kalau ada kesulitan, jangan ragu hubungi lagi saya. Tks”.

Maka calon bisa langsung buka tautan tadi, lalu mengisi ‘Lembar Pesanan’, dan langsung mendapat instruksi pembelian produk di stokis terdekat berikut data stokisnya, serta instruksi setelah mendapatkan produk.

Maka dia bisa segera beli langsung ke stokis atau kontak stokis, tanpa nunggu info apapun lagi, dan saya tidak akan kehilangan mitra baru.

Apabila dibandingkan, proses pada ilustrasi pertama bisa makan waktu lebih dari 1 jam, bahkan kenyataannya bisa berjam-jam, dan berakhir dengan nihil.

Sementara proses pada ilustrasi kedua, prosesnya bisa hanya 5 menit namun dengan hasil akhir memuaskan.

Bagaimana menurut teman-teman ? Silahkan sampaikan pendapatnya pada komentar.

Bagi yang tertarik bisnis Milagros, hubungi para member terdekat ke tempat Anda yang ada pada datar di bawah ini :

Oleh

This post was written by Admin
About

Blogger, konsumen & member bisnis air kesehatan Milagros.

No comment for Kendala Utama Menjalankan Bisnis Milagros Secara Online & Usulan Solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.