Menu Click to open Menus
Home » Artikel » Pengetahuan Lain » Redupnya Dunia Blogging Indonesia

Redupnya Dunia Blogging Indonesia

(815 Views) August 12, 2017 1:44 pm | Published by | 3 Comments

Redupnya dunia blogging Indonesia sebenarya telah disinyalir sejak akhir tahun lalu (2016) oleh salah seorang blogger nasional , Enda Nasution. Dia mengatakan bahwa blog sudah kalah dengan media sosial. Memang tepat sekali !

Dan blog yang dimaksud tentu saja adalah blog-blog personal, bukan blog-blog portal yang dikelola korporasi.

Jutaan user baru mengakses internet untuk medsos, bukan untuk blog ! Jadi, memang sangat wajar kalau blog semakin redup, baik dari sisi pengunjung, maupun dari sisi peluang monetisasinya.

Sisi pengunjung

Seperti saya bilang di atas, pengguna internet di Indonesia sekarang ini sebagain besar mengakses internet menggunakan smart phone. Dan yang diakses adalah media sosial atau tempat belanja. Buka blog ? No ! Paling beberapa doang.

Tidak bisa disalahkan. Kebanyakan mereka tahu smartphone hanya untuk akses medsos & online shopping. Apa itu Blog ? Mereka gak ngerti !

Kalaupun buka paling blog-blog gossip yang manfaatnya entah untuk apa.

Pengunjung blog yang masuk sebagian besar (saya yakin tidak akan kurang dari 90%) adalah mereka yang juga adalah blogger. Dengan tujuan utama bukan untuk baca blog, melainkan untuk nitip link, bikin perbandingan, atau bahkan copas tulisan.

Dengan kondisi seperti itu, siapa lagi yang diharapkan menjadi pengunjung blog kita ? ujung-ujungnya ya muter jadinya, saling mengunjungi satu sama lain antar teman blogger. Trafik gak naik-naik !

Bahkan bisa jadi malah turun. Karena sebagian blogger-blogger yang ada jadi pada males ngelanjutin bloggingnya. Gugur karena blognya sepi pengunjung.

Sisi monetisasi

Kalau blog sepi pengunjung, ya mau monetisasi pakai cara apa ? Adsense ? Lupakan ! jangankan saat sepi pengunjung, ramai pengunjungpun Adsense gak bisa diandalkan.

Jika anda pernah menyimak kisah sukses para blogger dunia, semisal Pat Flynn, Timothy Syikes, Gina Trapani, Jake Dobkin, dll, Anda pasti tahu, bahwa sumber pendapatan mereka bukanlah dari pasang iklan Adsense, karena memang tidak prospektif!

Bisa dimengerti memang. Bayangin saja, kalau blog Anda dikunjungi 1 juta pengunjung sebulan, tapi yang klik Adsense cuma 1000 orang. Kali 2000 rupiah, dapet berapa ? Cuman 2 juta !

Apa sebanding dengan waktu yang dicurahkan buat mikir, nulis, ngedit tulisan, blog walking, promo di medsos, dll ? TIDAK lah ya !

Ya apalagi kalau blognya cuman dikunjungi ratusan orang sehari….

Lha, masa sih dari 1 juta pengunjung yang klik cuman 1000 ? Coba deh tanya maxmanroe !

Kalau gitu, gimana dong cara monetisasi blog ? Afiliasi ? Jual produk digital ? Review ? Sewain space iklan ? Tetap sulit. Karena pengunjung blognya sangat minim & masih akan itu-itu juga !

Jadi jelas, dari sisi monetisasipun blog di Indonesia benar-benar dalam situasi makin suram karena besarnya peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia adalah hanya pada akses media sosial atau online shopping, bukan membuka blog.

Oleh karenanya diperlukan alternatif yang memungkinkan blog bisa dimonetisasi dengan memanfaatkan para pengunjung blog yang juga sebagian besarnya adalah para blogger juga.

Alternatif Monetisasi

Monetisasi seperti apa kira-kira yang bisa dilakukan dan mungkin menarik bagi para blogger ?

Sebagamana kita semua tahu, bahwa para blogger itu kan berasal dari berbagai latar belakang, entah itu pendidikannya, budayanya, profesinya, kemampuannya, dan lain sebagainya. Juga berasal dari berbagai kalangan usia maupun jenis kelamin.

Walaupun beragam latar belakang dan berasal dari berbagai kalangan, satu hal yang paling penting dan akan selalu mereka butuhkan adalah KESEHATAN. Betul apa betul ?

Anda punya uang segudang kalau tidak sehat, apa bisa nikmat kira-kira ? Anda punya kemampuan yang hebat dan luar biasa tapi sakit-sakitan, apa enak ? Apakah kesehatan Anda rela untuk ditukar dengan sebuah blog yang dikunjungi jutaan orang dan menghasilkan banyak uang ?

Nah, karena semua orang termasuk para blogger memerlukan sehat, maka saya sendiri lebih memilih monetisasi blog saya dengan menawarkan produk yang memberi manfaat dan khasiat bagi kesehatan, yaitu Milagros.

Jika Anda ingin mengetahui tentang bisnis Mialgros ini, silahkan saja Anda baca saja pada artikel saya yang berjudul : “Peluang Usaha Menguntungkan Bersama Milagros”.

Silahkan Anda coba pelajari dan pikirkan, siapa tahu bisnis milagros tersebut bisa dihubungkan dengan blog yang Anda kelola saat ini.

Saya yakin, pasti akan ditemukan korelasi antara produk milagros dengan blog Anda, jenis blog apapun itu asal bukan blog porno atau sara atau blog-blog lainnya yang melanggar hukum, norma, dan susila.

Mengapa akan selalu ada korelasinya ? Karena sebagaimana saya sebutkan di atas, bahwa bisnis milagros adalah bisnis produk kesehatan, dan tidak ada satupun orang di dunia ini yang tidak butuh sehat, bukan ? Jadi pasti akan selalu ada hubungannya.

Misalnya, blog Anda berisi tentang gossip selebritis atau hiburan lainnya. Nah, bukankah banyak sudah selebritis yang menjadikan milagros sebagai minumannya sehari-hari ? Bukankah untuk bisa menikmati hiburan itupun harus sehat ?

Atau misalkan blog Anda tentang travelling, tentang gadget, tentang teknologi, semuanya akan selalu bisa dihubungkan dengan kesehatan yang akan diperlukan oleh siapapun.

Jadi, menurut saya sudah saatnya Anda mencoba monetisasi blog Anda dengan hal-hal baru yang mungkin selama ini belum pernah Anda coba, yakni dengan menawarkan produk kesehatan yang salah satunya adalah Milagros ini.

Silahkan saja Anda pertimbangkan. Misalkan, blog Anda selama ini rata-rata hanya dikunjungi 500 orang perhari, dengan page view 1000 per hari, atau 30.000/bulan.

Jika pasang adsene, Anda paling untung mendapat 60 klik, kali Rp 1.000 = Rp 60.000. Jika Anda jual Milagros, dan dari 1000 kunjungan terjadi 1 transaksi, maka dalam sebulan akan terjadi 15 transaksi. Dengan margin keuntungan per dus Rp 80.000, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp 1,2 juta per bulan. Sangat jauh sekali bedanya bukan? Padahal mengerjakan blognya tetap sama.

Jadi, jika saat ini Anda sedang mengelola blog dan telah memiliki pengunjung yang lumayan ramai, sama sekali tidak ada ruginya jika mencoba menambah sistem monetisasi blog Anda dengan menawarkan produk Milagros. Bukan cuma sekedar memberi tambahan peluang hasilkan uang bagi Anda, juga menebar info solusi kesehatan yang siapa tahu sedang diperlukan oleh sebagian pengunjung blog Anda.

Terlebih jika blog Anda memiliki tema kesehatan, pengobatan, peluang bisnis, peluang usaha sampingan, bisnis dengan modal kecil, bisnis online, dan lain-lain yang sejenis, akan sangat cocok sekali jika sekaligus menawarkan produk milagros ini.

Jangan lupa, kalau Anda mau gabung dalam bisnis Milagros, baiknya gabunglah dalam tim saya agar kita bisa saling support bersama pemilik blog-blog lainnya untuk meningkatkan trafik pengunjung blog kita.

Termasuk jika Anda ingin berdiskusi untuk memastikan cocok tidaknya blog Anda untuk dimonetisasi dengan menawarkan Milagros, silahkan hubungi saya melalui WA.

Dan apabila Anda ingin mengetahui seperti apa manfaat dan khasit produk milagros, silahkan saja Anda simak artikel berikut : “Milagros, Obat Alami Untuk Berbagai Macam Penyakit”.

Demikianlah sedikit opini saya tentang kondisi dunia blogging di Indonesia saat ini yang tampaknya memang mulai redup sehingga perlu terobosan-terobosan baru khusunya dalam melakukan monetisasinya. Dan bagaimanapun itu hanyalah sekedar pendapat saya. Kalaupun Anda memiliki pendapat yang berbeda, silahkan saja, tidak harus jadi masalah.

Bagikan kepada teman-teman
This post was written by Admin
About

Blogger, konsumen & member bisnis air kesehatan Milagros.

3 Comments for Redupnya Dunia Blogging Indonesia

  • Amri Evianti says:

    hehehehe redup, seredup redupnya. mungkinkah blogger akan terlupakan seperti friendster hehe

  • kandra says:

    Kang jadwal membaca postingan agan saya jadi merasa minder.
    Yang akang bilang bener juga, komentar di blog kebanyakan nyepam tidak bikin inspirasi buat tulisan baru. Cuma thanks gan, titip link ya padahal blog adalah medsos pertama.
    Tapi balik lagi ke pengunjung yang ditarget menurut saya. Kalau pengunjungnya ditarget buat informasi yang emang dibutuhkan komen bakal aktif.
    Komen aktif tentu perkuat SEO artikel atau blog.
    Soal monetisasi saya setuju. Lebih baik jual produk daripada bergantung pada adsense. Saya sendiri sambil jualan buku. Sayang cuma bisa dropship, tergantung pada stok yg bener-bener pegang itu buku.
    Jadi curhat deh saya.
    Sukses sama produknya gan, tengkiu pencerahannya

    • Admin says:

      Tengkyu atas komennya bro kandra. Ada satu hal menarik tentang pengunjung yang ditarget. Menurut saya sekarang ini itu sudah tidak berlaku lagi karena sebagian besarnya tetap akan para blogger juga. Yang lain, mainannya udah di medsos, cari apapun mereka lakukan di medsos ! Blog ? Mereka bahkan tidak tahu apa itu blog ! Ya kecuali itu tadi, kita julan produk yang sekiranya diperlukan oleh para blogger dan tidak banyak orang menawarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.